indikator

Membaca Kondisi ERTIGA Lewat Indikator Lampu, hayo di apalin yah. hehehe

Hendar Prasetyo Tips&Tricks 1 Comment

Baca Kondisi Mesin Lewat ECU

ECU menyimpan data-data kerusakan sensor (trouble shooting) pada sistem memorinya

Mobil-mobil bermesin modern keluaran tahun terakhir sudah dilengkapi dengan alat yang bernama ECU (electronic control unit). ECU merupakan suatu perangkat elektronik yang terorganisir dengan menggunakan sistem bahasa computer, ECU menyimpan data-data kerusakan sensor (trouble shooting) pada sistem memorinya. Indikator ECU yang terletak di speedometer berfungsi mendiagnosis secara otomatis setiap gangguan mesin di mobil. Maka dari itu indikator lampuchek engine pada ECU tersebut bisa kita manfaatkan untuk mengetahui kondisi mesin kendaraan dengan cara mengamatinya pada saat mesin dinyalakan. Putarlah switch kontak ke posisi on kemudian amatilah :

1. Pada saat kunci kontak diputar ke posisi on maka lampu indikator check engine akan menyala. Setelah mesin menyala lampu akan padam. Pada keadaan normal lampu mengedip bergantian secara teratur on dan off dengan interval kurang lebih ¼ detik.

2. Namun sebaliknya apabila lampu indikator tetap menyala setelah mesin menyala atau lampu indikator mati ketika kunci kontak sudah di posisi on itu pertanda telah terjadi kerusakan atau kelainan pada system komponen bahan bakar.

3. Apabila kedipan lampu check engine tak beraturan atau lebih lama dari ¼ detik itu juga suatu pertanda bahwa terjadi ketidakberesan pada system ECU. Misalnya terjadi ketidakberesan pada system pengapian (3 sensor), BBM (2 sensor), Udara (2 sensor), Tehnik pendinginan pada idle switch dan kompresor, Coolant (2 sensor), Rpm (takometer), Airbag dan ABS.

4. Jika lampu check engine tidak mau mati alias tetap menyala terus berarti ada gangguan pada Mesin kendaraan Keluarga Ertiga

 

spedometer-indikator-ertiga

Tambahan Informasi lampu indikator menyala ketika mesin hidup :

  1. Gambar tetesan oli berwarna merah, ini berhubungan dengan oli mesin. Bila menyala segera cek oli mesin, karena indikator ini mendakan bahwa oli mobil berada dibawah ambang batas dan hampir habis. Bila dibiarkan dapat menyebabkan mobil mogok dan kerusakan yang parah karena kehabisan oli.
  2. Gambar tanda seru dalam lingkaran, merupakan simbol dari rem tangan. Bila menyala berarti rem tangan sedang difungsikan, dipastikan pada saat mobil berjalan gambar ini tidak menyala.
  3. Gambar plus dan minus di dalan kotak, hal ini berhubungan dengan aki atau kondisi aki mobil. Bila tanda ini menyala dan disertai dengan susahnya menstarter mobil, maka patut dicurigai kondisi aki mobil telah soak atau cek sistem kelistrikan pada mobil.
  4. Gambar mobil dengan pintu terbuka berwarna merah, ini berhubungan dengan pintu mobil. Bila menyala segera cek pintu-pintu mobil yang belum tertutup rapat.
  5. Gambar lingkaran dengan tulisan ABS didalamnya, ini berhubungan dengan fungsi ABS (Antilock Braking System). Bila menyala segera cek segala fungsi yang berhubungan dengan ABS ini.
  6. Gambar sabuk dan kotak kecil, ini berhubungan dengan pemakaian seat belt pada pengemudi. Biasanya menyala berwarna merah bila sabuk pengaman belum dipakai oleh pengemudi.
  7. Gambar Stir ada tanda seru, berarti power steering bermasalah.
  8. Gambar Mobil dengan Gembok berarti Immobilizer mengalami kerusakan.
  9. Lampu  bertuliskan SRS menyala, berarti  sistem Airbag mengalami kendala.

 

Semoga Bermanfaat,  Intip Dashboard.

Comments 1

Leave a Reply