Forum Suzuki Ertiga Club Indonesia

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Dukung ERCI dalam Lomba Olimpiade Pertamax di 5 Kota Besar di Indonesia


Pages: 1 ... 3 4 [5]

Author Topic: OLI Mesin  (Read 11432 times)

sanjaya_nle3011

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 159
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #60 on: November 02, 2012, 10:17:38 PM »

Krn pentingnya peranan oli, lbh baik kecepatan gantinya dripa terlambat. Klo sy sih lebih prefer ke saran beres, mana yg tercapai duluan.
Logged

qikia84

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 3
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #61 on: November 09, 2012, 10:58:05 AM »

kalau oli SGO 5w-30w kena 245rb mantap sekali harganya?? pengalaman B10DEN sebelumnya kalau oli SAE 5-30 sudah diatas 100 rb/ltr, bisa diinfo oil base nya dari perusahaan apa? pertamina, evalube atau SGO ngeblend sendiri oilnya, takutnya ono rego ono rupo  :D :D :D

Kasihan si erti kalau kualitas olinya abal2, walau specnya masuk


karena sgo 5w-30 ntuh semi synthetic om blum full synt



(click to show/hide)
tulisannya kan synthetic technology, biasanya yang ditulis gini ntuh semi synt.
hal kedua di BERES olinya drum2an bukan botolan, harusnya juga efek juga ke harga, cuman yang paling efek ya semi synt nya

regards,
singachu


hari sabtu lalu ke bit bsd buat service pertama, lihat SGO 5w-30.. memang untuk harga segitu udah cukup murah dibanding yang lainnya. Iseng-iseng nyatet nomor pelumas terdaftarnya (NPT) yang ada dibagian bawah label kemasan oli. wah ternyata dapet kode "AB". iseng lagi liat daftar NPT di kantor (kebetulan ane kerja di kantor yang menerbitkan NPT).. dan kalo diatas ada yang tanya baseoil dari mana, jawabannya adalah base oil pertamina, mungkin secara keseluruhan pertamina yang buat trus dijual (atau punya kontrak) sama SIS. Suzuki baru blend oli sendiri buat motor.
Logged

singachu

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 96
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #62 on: November 09, 2012, 11:53:02 AM »


hari sabtu lalu ke bit bsd buat service pertama, lihat SGO 5w-30.. memang untuk harga segitu udah cukup murah dibanding yang lainnya. Iseng-iseng nyatet nomor pelumas terdaftarnya (NPT) yang ada dibagian bawah label kemasan oli. wah ternyata dapet kode "AB". iseng lagi liat daftar NPT di kantor (kebetulan ane kerja di kantor yang menerbitkan NPT).. dan kalo diatas ada yang tanya baseoil dari mana, jawabannya adalah base oil pertamina, mungkin secara keseluruhan pertamina yang buat trus dijual (atau punya kontrak) sama SIS. Suzuki baru blend oli sendiri buat motor.

spek teknisnya ada ga ? seperti VI Index, TBN, KOH, dsb.... ? cari2 infonya ga nemu
sharing dong om  :top

regards,
singachu
Logged

qikia84

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 3
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #63 on: November 09, 2012, 02:17:37 PM »


[/quote]

spek teknisnya ada ga ? seperti VI Index, TBN, KOH, dsb.... ? cari2 infonya ga nemu
sharing dong om  :top

regards,
singachu
[/quote]

belum liat om... buanyak buanget kalo punya /tam*na :o
Logged

azu

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 70
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #64 on: May 25, 2013, 01:54:11 AM »

Disini saya akan coba sharing mengenai oli yang cocok untuk Ertiga kita. Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan beberapa hal terkait dengan oli dan mesin Ertiga :)


Valvetrain
Apakah valvetrain itu? Valvetrain adalah mekanisme yang mengatur pergerakan valve/klep dalam mesin. Dalam mengatur buka-tutup klep, maka dibutuhkan camshaft atau noken as. Dalam valvetrain in, terdapa dua jenis mekanisme untuk mengatur pergerakan valvetrain, yang pertama adalah Flat Tappet dan kedua adalah Roller Rocker.

Dalam flat tappet, camshaft akan menekan langsung tappet/rocker arm. Penggunaan flat tappet ini membutuhkan oli yang memiliki kadar antiwear yang tinggi, dikarenakan dibutuhkan perlindungan dan pelumasan yang lebih baik untuk melindungi camshaft dan tappet dari keausan.

Dalam Roller rocker, camshaft akan menekan rocker arm yang telahh dilengkapi dengan roller bearing, sehingga gesekan antara camshaft dan rocker arm lebih minim. Untuk penggunaan roler rocker, penggunaan zat antiwear dapat dikurangi karena dengan penggunaan roller rocker sendiri sudah membantu mengurangi gesekan/friksi.

Gambar di bawah menunjukkan perbedaan Flat Tappet dengan Roller Rocker

Dapat dilihat yang kiri adalah flat tappet dan yang kanan adalah roller rocker, dimana pada roller rocker terdapat roller yang akan mengurangi gesekan sedangkan pada flat tappet terjadi gesekan anatara besi dengan besi secara langsung sehingga dibutuhkan perlindungan yang lebih baik


Valvetrain apakah yang digunakan dalam mesin Ertiga?
Mesin K14B yang digunakan oleh Ertiga menerapkan tipe Flat Tappet.

Gambar di atas didapat dari website eparts.suzuki.co.id dan berdasarkan gamber di atas yang no. 11 dan dikotak merah adalah tappet (atau sering juga disebut "shim") yang menghubungkan antara camshaft dengan klep/valve.

Oleh karena itu, Ertiga membutuhkan oli yang memiliki ZDDP atau kadar anti-wear yang tinggi untuk melindungi valvetrain-nya yang menggunakan flat tappet

Dalam perkembangannya saat ini kadar ZDDP atau Zinc Dialkyl Dithio Phosphate sebagai zat antiwear, atau untuk perlindungan terhadap keausan, telah banyak dikurangi. Pada standar API SM dan ILSAC, kadar ZDDP disyaratkan maksimal sebanyak 800 ppm, sedangkan pada API SL disyaratkan maksimal 1000 ppm. Pengurangan ZDDP ini disyaratkan untuk mengurangi emisi gas buang karena ZDDP tidak ramah bagi catalytic converter. Dengan pengurangan ZDDP ini, maka oli dengan standar API SM dan ILSAC GF-4 tidak direkomendasikan (dihindari) bagi mesin Ertiga karena mengurangi perlindungan terhadap valvetrain. oleh karenanya, Suzuki menyarankan SGO dengan standar API SL.

Akan tetapi, saat ini telah keluar standar baru yaitu API SN. Dalam API SN ini kadar ZDDP maksimum tetap 800 ppm, akan tetapi disyaratkan menggunakan bahan lain selain ZDDP sebagai antiwear agent sehingga kadar antiwearnya dapat mencapai 1000 ppm termasuk ZDDP. Oleh karenanya mesin Ertiga dapat menggunakan oli dengan API SN, but preferred non ILSAC dan kandungan antiwear mencapai 1000 ppm.


Apa syarat Oli yang aman bagi Ertiga?
Syarat yang 100% aman bagi mesin Ertiga adalah API SL, karena inilah oli yang direkomendasikan oleh Suzuki.

Berikut adalah standar yang dapat digunakan untuk memilih oli bagi Ertiga. Apabila memenuhi standar di bawah dan preferred non ILSAC, maka oli tersebut cukup aman bagi mesin Ertiga. Akan lebih aman lagi apabila kita dapat memastikan jumlah kadar antiwear-nya, apabila diatas 1000ppm maka dipastikan aman.
Standar-standar:
ACEA A3/B3/B4
MB (Mercedes-Benz): MB 229.3/ 229.31/ 229.5/ 229.51
BMW Longlife-01/04

dari berbagai sumber website dan forum, om singachu pasti tahu sumber dari forum sebelahnya siapa  :)

Oli apakah yang dapat digunakan oleh Ertiga selain SGO?
Di buku manual yang paling disarankan adalah viskositas 5W-30. Berikut beberapa oli 5W-30 yang dapat digunakan:
 
Fastron Gold 5W-30
Harga: 120-130 ribuan per liter

Comply to:
API SN, MB 229.51, BMW Longlife-04, ACEA A3/B3, ACEA A3/B4
Dapat digunakan sampai 10.000 Km

Shell Helix Ultra AB 5W-30 atau Shell Helix Ultra Extra 5W-30
Harga: 130-150 ribuan per liter, agak jarang di pasaran

Comply to:
MB 229.51, BMW Longlife-04, ACEA A3/B3, ACEA A3/B4
Dapat digunakan sampai 10.000 Km

Castrol Magnatec A3/B4
Harga: 110-130 ribuan per liter, agak jarang di pasaran.

Comply to:
API SL, MB 229.3, BMW Longlife-01, ACEA A3/B4
Dapat digunakan sampai 10.000 Km
Perhatian! Di pasaran terdapat dua jenis Magnatec 5W-30, yaitu Magnatec 5W-30 saja dengan API SM dan Magnatec 5W-30 A3/B4 dengan API SL. Hati-hati tertukar!

KENDALL GT-1 High Performance Synthetic Blend Motor Oil SAE 5W-30 with Liquid Titanium™
Harga: 100-110 ribuan per quart (946 ml)

Comply to:
API SN, Antiwear Agent >1000 ppm
Dapat digunakan sampai 10.000 Km

Q8 Formula V Long Life
Harga: dari browsing-browsing sekitar 170-180 ribuan per liter

Comply to:
MB 229.31/51, BMW Longlife-04, ACEA A3/B4
Dapat digunakan sampai 10.000 Km

Untuk mau coba yg 5W-40 (dimana bisa dipakai juga berdasarkan manual), bisa coba
Shell Helix Ultra 5W-40
Harga: 150-180 ribuan per liter

dan oli lainnya yang kiranya memenuhi standar tersebut di atas tadi  ;)

CATATAN: Pastikan BeReS anda memperbolehkan penggunaan oli non-SGO, karena terdapat BeReS yang melarang penggunaan oli selain SGO. Pengalaman saya di BeReS NJS Cibereum Bandung, SA memperbolehkan penggunaan oli non SGO tetapi garansi hangus apabila terjadi kerusakan yang disebabkan penggunaan oli non SGO tersebut.. Anda juga dapat meminta ke BeReS agar rentang servisnya menjadi setiap 10.000KM karena di manua tercantum per 10.000Km, sedangkan per 5.000Km apabila dengan penggunaan berat..

Semoga membantu  ;D
Logged

dwdamarjati

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 268
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #65 on: May 25, 2013, 07:54:30 AM »

Mantabb banget penjelasannya  :top :top

Kalo saya mah tetep pake SGO, murah meriah sih hehehe...  :peace

Logged
ERCI-0148 Bekasi

erwinaja

  • Administrator
  • Sr. Member
  • *****
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 1213
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #66 on: May 28, 2013, 04:49:35 PM »

boleh pake SGO tp tiap 5000KM harus ganti atau oli yg full synthetic (motul) bisa pake sampe 10.000KM-12.000KM
Logged
**Erwin**
ERCI 0173

bahruntea

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 31
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #67 on: May 28, 2013, 08:50:02 PM »

saya lg coba pakai Q8 5W-40W
buat interval 5000km, lumayan kmrn di TODA dapet 77rb/ltr
sy ganti di BIT BSD, sekalian ganti Oli Transmisi dgn SAINZ
g ada komen tuh dari beres...lancar2 aja :)
cuma bingung aja mekaniknya knapa baru 5000km koq udh ganti Oli transmisi
he hee...tp worthed lah pas liat oli aseli keluar dari box transmisi
 :top
thanx to brader Roy for advis

rencananya kalau pas service 10.000km br ganti Oli
dg interval 10rb km
Logged

azu

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 70
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #68 on: May 29, 2013, 01:29:13 AM »

Q8 yg excel 5W-40 ya om? Setahu saya itu bisa sampai 10rb km soalnya udh memenuhi MB 229.3 :)

@om erwin: setau saya motul itu comply ILSAC GF-5, dan saya pernah baca untuk ILSAC GF-5 pada API SN kurang direkomendasikan untuk mesin flat tappet karena kandungan antiwear agent yg cukup rendah..

CMIIW

Sent from my XT910 using Tapatalk 2

Logged

bahruntea

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 31
    • View Profile
Re: OLI Mesin
« Reply #69 on: May 29, 2013, 06:31:22 AM »

betuul itu om...
tapi marketing Q8 pinterr
mereka keluarkan 5-40W 2 versi :
u/ interval 10000km (Formula)
juga 5000km (advance)

 ;)



Logged
Pages: 1 ... 3 4 [5]